Bisnis Crepes

Kue Crepes merupakan salah satu jenis kudapan yang amat digemari oleh banyak orang. bentuk kuenya yang tipis dan renyah serta memiliki berbagai varian toping dan isi membuatnya disukai oleh semua orang.

Kue Crepes murah ini merupakan kudapan yang berasal dari Eropa namun telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Bila dilihat dari sisi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Jika dilihat sekilas, bentuk crepes ini memang seperti meringkuk karena ketika dihidangkan, adonan crepes ini sudah dilipat-lipat dahulu.

Jenis Kue Crepes
Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, kue crepes bisa dikategorikan menjadi dua macam. Jenis yang pertama adalah crepes manis (crepe sucree). Sesuai namanya, kue crepes menggunakan pelengkap bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan isian yang kerap digunakan untuk crepes manis antara lain seperti sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, dan bahan-bahan lain yang memiliki rasa manis. Karena rasanya manis, crepes jenis ini banyak diminati oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk macam crepes kedua ialah crepes asin/gurih atau sering disebut crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini mempunyai rasa yang tergolong lebih asin atau gurih. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti jamur, bayam, telur, keju dan masih banyak lagi.
Bahan Isi Crepes
Bahan yang dipergunakan dalam resep crepes bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda misalnya pisang yang telah dipotong kecil-kecil, keju, choco chip, meses, susu, selai coklat atau bahan-bahan lain yang dapat dipergunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan agar mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Crepes
Kocok susu dan telur yang ada dengan menggunakan whisk hingga campurannya rata dan terlihat berbusa. Usahakan untuk mengocok hingga adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.
Masukkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Ada baiknya Anda memasukkan tepung terigu sambal diayak supaya tepungnya jatuh secara merata dan membuat proses pencampuran menjadi lebih mudah. Aduk terus hingga merata.
Tuangkan baking powder ke dalam campuran tadi lalu aduk lagi hingga rata.
Masukkan mentega yang telah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi hingga rata.
Siapkan wajan yang akan dipergunakan untuk membuat kue crepes. Anda bisa mempergunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan teflon yang sudah tersedia. Sebelumnya panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
Setelah wajannya panas, angkat dulu dari perapian, lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan sampai adonannya merata dan tipis.
Setelah itu taruh kembali wajan di atas perapian. perlu diperhatikan untuk memasak kue crepes dengan menggunakan api kecil agar adonan crepes matang sempurna.
Sementara adonan masih di atas kompor, taruh bahan isian (toping) di atasnya misalnya irisan buah pisang kemudian ditaburi keju parut dan meses.
Sesudah itu lipat crepes menjadi dua bagian, lalu lipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga.
Kue crepes siap untuk disajikan.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-crepes-murah-meriah/
https://ramesia.com/

Perkembangan Bisnis Roti


Bisnis roti rumahan seperti ini juga bisa dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti macam ini di jajakan dengan beragam rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk usaha roti kelas ukm ini, umumnya penjual menjual rotinya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengecek jumlah roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di toko nya mulai habis.

Cara Memulai Usaha Roti Rumahan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama yang harus di persiapkan ialah keahlian atau kemahiran cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan merekrut orang yang mahir dibidang pembuatan roti.

Baca juga  Tips Menjalankan Bisnis Big Burger
Setelah itu juga harus di sediakan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya agak mahal, diantaranya yang biasa di pakai adalah:

Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.
Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, digunakan untuk melancarkan proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.
Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berguna untuk membentuk dan membagi adonan roti agar ukurannya sama rata.
Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.
Berbagai alat pendukung lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas berbeda tergantung dari jenis nya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih jika modal usaha pembuatan roti rumahan Anda belum mencapai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Bakso Kekinian yang Sedang Populer

Asal Usul Bakso Bakso yang merupakan makanan yang merakyat di Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari negeri Ci...