Cara Membuat Bakso Kekinian yang Sedang Populer

Asal Usul Bakso
Bakso yang merupakan makanan yang merakyat di Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari negeri Cina.

Penemuan bakso ini bermula pada akhir Dinasti Ming atau sekitar pada awal abad ke 17. Di suatu daerah bernama Fuzhou, terdapat seorang pria yang tinggal bersama ibunya yang sudah berusia lanjut dan sering sakit. Pria itu bernama Meng Bo.

Meng Bo sangat menyayangi ibunya dan dia prihatin dengan keadaan ibunya tersebut. Karena sakit dan usia yang lanjut, ibu Meng Bo tidak bisa lagi memakan makanan yang bertekstur keras contohnya daging. Padahal beliau sangat gemar memakan daging.

Untuk membahagiakan ibunya, Meng Bo berpikir keras tentang bagaimana agar ibunya masih bisa tetap makan daging. Hingga suatu hari, dia melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk kue mochi. Muncullah ide untuk menumbuk daging hingga lembut, lalu dibentuk bulat, kemudian direbus. Ibunya pun sangat senang.

Kabar Meng Bo yang berusaha membahagiakan ibunya dengan cara membuat bola-bola daging ini akhirnya menyebar ke seluruh masyarakat Fuzhou. Akhirnya masyarakat pun berbondong-bondong meminta Meng Bo untuk mengajari mereka cara membuat bakso.

Lalu, darimana kata bakso itu berasal? Bakso berasal dari dua kata yaitu Bak yang berarti babi dan So yang berarti sup. Akan tetapi, bukan berarti bakso di Indonesia tidak dapat dinikmati oleh para muslim.

Bakso yang awalnya dari Cina dan terbuat dari daging babi itu kemudian dimodifikasi. Kini, bahan baku bakso telah diganti dengan daging sapi.

manfaat cuka bakso

Cara Membuat Bakso yang Sedang Populer
Seiring berkembangnya zaman, banyak warung bakso mulai bermunculan. Hal ini yang memicu para produsen bakso untuk menciptakan inovasi bentuk dan nama bakso yang unik dan kekinian untuk memenangkan hati pecinta kuliner.

Berikut beberapa bakso yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini beserta cara membuatnya.

1. Bakso Keju
Keju memang salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk berbagai makanan mulai dari donat yang manis dan lembut hingga pasta yang gurih dan asin. Begitu juga dengan bakso. Apalagi jika keju yang digunakan adalah keju mozarella. Sensasi molornya membuat siapa saja ketagihan. Berikut ini adalah cara membuat bakso keju:

Bahan bakso:
1000 gram daging sapi giling
3500 ml air
11 sdm tepung tapioka
2 sdt baking powder
200 gram es batu serut
2 butir putih telur
3 ½ sdt garam
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm bawang merah goreng, haluskan
1 ½ sdt merica bubuk
Bahan kuah bakso:
3000 ml air sisa rebusan bakso
2 batang seledri, utuh
2 batang daun bawang, utuh
12 siung bawang putih, haluskan
Garam
Merica
Bahan isian bakso:
Keju mozzarella

Cara membuat:
Potong-potong daging lalu masukkan ke dalam food processor bersama dengan es serut. Proses hingga halus.
Tambahkan putih telur, tepung tapioka, garam, merica, baking powder, dan bawang putih serta bawang merah goreng yang telah dihaluskan ke dalam food processor. Proses lagi sampai tercampur rata dan benar-benar
Ambil adonan secukupnya, lalu isi dengan keju mozzarella.
Didihkan air. Masukkan bulatan-bulatan bakso.
Tunggu sampai mengapung. Angkat
Untuk kuahnya, gunakan air rebusan bakso. Masukkan semua bahan dan bumbu kuah kemudian tunggu hingga
2. Bakso Telur
Bakso dengan isian telur puyuh menang klasik, tetapi bukan berarti tidak menarik. Berikut cara membuat bakso telur:

Bahan:
500 gram daging sapi, iris tipis.
150 gram tepung tapioka.
40 butir telur puyuh.
1 sdm garam.
½ sdt merica bubuk.
½ sdt poly powder.
2 butir putih telur.
250 gram es batu.
1 siung bawah putih, haluskan.
½ sdm bawang putih goreng.
½ sdm bawang merah goreng.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso/

Peluang Bisnis Sate Bakso


Bisnis kuliner adalah sebuah lahan bisnis yang cukup menjanjikan dan memberikan profit yang besar. Sebab makanan adalah keperluan pokok manusia sehari-hari mulai ia lahir. Sehingga kuliner akan selalu dibutuhkan oleh manusia selama ia hidup di muka bumi ini.

Karena makanan telah menjadi kebutuhan pokok manusia, maka peluang produk cepat habis dalam waktu yang singkat sangatlah besar. Terlebih lagi bisnis kuliner sehari-hari.

Karena hal itulah saat ini banyak muncul bisnis-bisnis dalam bidang kuliner dengan harapan kuliner tersebut cepat laku keras dalam tempo yang singkat karena peluang untuk itu besar. Tapi kuliner kini bukan hanya untuk sekedar di konsumsi semata tetapi bisa juga digunakan sebagai gaya hidup dan oleh-oleh ciri khas dari suatu wilayah.
Salah satu kuliner yang potensial untuk dijadikan bisnis ialah sate. Sebelum membahas mengenai potensi bisnis sate bakso, ada baiknya untuk tahu apa itu sate.

Definisi Sate
Sate adalah makanan tradisional Indonesia yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Sate adalah suatu makanan khas yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk dengan menggunakan tusukan sate, kemudian dibumbuhi dan dimasak dengan cara dibakar.

Biasanya, sate terbuat dari bahan dasar daging hewani seperti daging sapi, ayam atau kambing. Tetapi saat ini sate sudah bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging apa saja, salah satunya ialah sate jamur. Sate jamur ini memiliki potensi yang bagus dan prospek yang cerah jika dijadikan sebagai pilihan usaha Anda. Berikut akan kami jelaskan mengenai potensi dari usaha sate jamur.

Potensi Bisnis Sate Jamur
Bisnis ini bisa diawali dengan modal kecil dan bisa dijadikan usaha rumahan maupun bisnis sampingan. Bisnis sate juga tidak perlu menyewa tempat yang mahal, namun yang terpenting adalah strategis dan mudah dijangkau. Sate jamur merupakan salah satu jenis kuliner yang digemari mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa. Sate jamur merupakan salah satu jenis makanan yang harganya terjangkau, sehingga dapat menjangkau semua kalangan.

Meningkatnya populasi di Indonesia yang mencapai angka 240 juta manusia adalah peluang pasar yang sangat besar. Potensi bisnis jualan sate jamur pun bisa menjadi salah satu pilihan peluang binis yang menjadi menguntungkan. Namun sayang pengetahuan bisnis yang kurang terkadang menjadikan para pelaku bisnis tidak mampu mengembangkan peluang usaha yang telah terlanjur di jalankan.

Baca juga  Resep Cara Membuat Sari Buah Pisang
Berikut ini adalah daftar 7 cara aplikatif untuk meningkatkan peluang bisnis yang sedang Anda tekuni sekarang.

1. Memodifikasi Produk Untuk Mengembangkan Potensi Usaha Berjualan Sate Jamur
Untuk mengembangkan usaha jualan sate jamur Anda, salah satu yang harus dilakukan ialah memodifikasi olahan sate yang ditawarkan. Perlu diingat, memodifikasi produk yang sudah ada itu lebih baik daripada harus mengeluarkan olahan sate baru yang pastinya akan memakan waktu untuk riset dan testing pasar.

2. Membuat Brand Produk yang Unik
Nama produk yang unik akan membuat orang tertarik untuk membelinya. Penamaan produk yang unik akan memudahkan pembeli untuk mengingat apa yang Anda jual.
Akan lebih baik lagi apabila nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus dikerjakan dengan maksimal dengan brand produk yang juga maksimal.

3. Membundling Produk Untuk Mengembangkan Potensi Bisnis Berjualan Sate Jamur
Apa itu bundling produk? Simplenya Anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika sudah membeli produk A, maka produk B bisa dibeli dengan harga lebih murah.

4. Promosi dengan Social Media
Menggunakan social media untuk meningkatkan peluang usaha bisa jadi alternatif di tengah mahalnya beriklan di media konvensional. Tidak hanya itu, channel social media ini dapat Anda kelola sendiri.

Dengan menggunakan social media, Anda dapat mempromosikan produk Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar.

5. Membuat Iklan yang Unik
Ada yang bilang iklan yang bagus itu yaitu iklan yang mampu menghasilkan penjualan, tapi jangan lupa. iklan hanya akan dilihat orang jika iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk Anda itu unik. Keunikanlah yang membuat orang mau berhenti selama beberapa menit untuk melihat iklan produk Anda.

6. Bekerjasama dengan Endorser
Di sosial media, terutama Instagram sudah banyak warung, perusahaan dan produk kecantikan yang melakukan ini. Yang paling banyak adalah dari brand fashion dan produk kecantikan yang memanfaatkan endorser di social media instagram.

7. Bekerjasama dengan Komunitas
Para ahli mengatakan bahwa community marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang ampuh selama beberapa waktu ke depan. Mengingat masyarakat terutama di Indonesia, sangat senang membuat sebuah komunitas dan melakukan aktivitas bersama-sama. Peluang usaha yang Anda garap bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas tersebut.

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Bakso Kekinian yang Sedang Populer

Asal Usul Bakso Bakso yang merupakan makanan yang merakyat di Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari negeri Ci...