Cara-cara Membuat Tepung Hijauan

Apabila Anda akan membuat kue, maka hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahan dasar apa yang mesti Anda gunakan. Jika Anda akan memasak bubur ayam pasti Anda akan terbayang bahan dasar berupa beras. Apakah beras putih ataupun beras merah tergantung bubur ayam yang akan Anda buat.

Ketika Anda akan membuat kue donat untuk keperluan bisnis misalnya, maka akan segera terpikir bahwa bahan dasarnya adalah tepung terigu. Tetapi Anda tidak bisa begitu saja asal membeli tepung, karena tepung itu terdiri dari beberapa jenis.

Untuk setiap jenis tepung memiliki fungsi tertentu dan akan lebih maksimal untuk bahan dasar makanan tertentu. Ada juga tepung yang khusus digunakan sebagai makanan hewan peliharaan atau pupuk aneka tanaman.

Menurut Djoni Wibowo (2012), Tepung merupakan partikel padat yang memiliki bentuk berupa serbuk-serbuk halus malahan sangat halus tergantung pada penggunaannya. Tepung biasanya digunakan untuk bahan baku pabrik industri, keperluan penelitian, bisa juga dipakai dalam kebutuhan industri rumahan, misalnya membuat kue dan roti.

Tepung dibuat dari berbagai jenis bahan nabati, yaitu dari kelompok padi-padian, tanaman umbi, akar-akaran, atau sayur-sayuran yang memiliki kanji. Contoh tepung nabati adalah tepung terigu yang sumbernya dari gandum, tepung tapioka yang sumbernya dari singkong, tepung maizena yang asalnya dari jagung, tepung ketan yang berasal dari beras ketan. Tepung juga bisa dibuat dari berbagai bahan hewani, seperti tepung tulang dan tepung ikan.

Menurut The Culinary Institute of America (2011) menyatakan bahwa Tepung merupakan gabungan dari lemak padat yang dingin dan air yang sangat dingin yang merupakan komponen-komponen dasar dari kebanyakan produk adonan.

Simpulan dari dua sumber tersebut bisa disimpulkan bahwasanya tepung merupakan komposisi dasar pada aneka produk bakery dan pastry. Sebagian besar tepung berasal dari bahan nabati, seperti umbi-umbian ataupun biji bijian. Dalam adonan, tepung digunakan untuk membentuk tekstur, memberikan cita rasa, mengikat bahan-bahan lain dan mendistribusikannya dengan rata.

Itu tadi sekilas pembahasan tentang tepung secara general. Tepung umumnya kebanyakan digunakan untuk membuat kue dan makanan, terutama tepung terigu.

Baca juga  Bisnis Kue dan Roti | Usaha Skala Kecil Yang Cukup Menguntungkan
Terdapat beberapa macam tepung yang dapat Anda temui di pasar modern, tidak hanya tepung untuk bahan dasar kue dan makanan saja, tetapi banyak juga tepung yang digunakan untuk pakan hewan peliharaan ataupun pupuk tanaman.

Mengenai cara membuat tepung dapat Anda lakukan dengan begitu mudah. Bahan yang akan dipakai sebagai bahan dasar tepung pastinya harus yang berkualitas agar tepung yang dihasilkan juga berkualitas.

Untuk melihat bobot bahan dasar tepung dengan akurat memang mesti dilakukan beberapa riset di laboratorium. Sebagai acuan Anda bisa menilai bobot bahan baku tepung yang akan dipakai dengan memotong atau memegangnya.

Hal pertama yang mesti dikerjakan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan baku tepungnya. Pastikan bahan baku tepung tidak menyimpan zat yang berbahaya. Bahan dasar tepung bisa direndam menggunakan air bersih terlebih dahulu kemudian dikeringkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman bisa menyesuaikan dengan keperluan bahan dasar. Seandainya proses perendaman bahan baku tepung memerlukan periode yang lama, maka air yang digunakan mesti diganti setiap 12 jam sekali.

Bahan dasar tepung dikeringkan sampai kering sempurna dengan kandungan air harus kurang dari 10%. Setelah dikeringkan, langkah berikutnya yaitu tahap penggilingan bahan baku tepung.

Proses penggilingan bahan dasar tepung bisa Anda lakukan secara sederhana dengan menumbuknya memakai alu dan lumping atau menggunakan alat penggiling tepung dari Ramesia Mesin. Dengan menggunakan alat penepung dari Ramesia, tepung yang didapatkan akan begitu lembut dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ramesia memasok aneka alat penepung untuk bahan pangan kering dengan penerapan disk mill dengan motor penggerak listrik pada alat penggiling tepung.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-tepung-hijauan/

Modal Dalam Usaha Jual Popcorn dan Cara Pembuatannya


Apa Itu Popcorn?
Apa itu popcorn? Popcorn adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dimakan saat sedang bersantai, menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang biasanya dijual di bioskop, area taman bermain, stand pasar malam, kantin sekolah, maupun kampus atau juga tempat dimana banyak orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti yang disebutkan sebelumnya yang jadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn sendiri ialah jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri digunakan supaya popcorn jadi lebih gurih dan enak. Membuat popcorn tidaklah susah hanya dengan memasukkan 1 sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu 2 menit popcorn yang gurih dan enak siap untuk dijual.

Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis dan ramai karena tak semua orang membutuhkan popcorn untuk cemilan, tentu masih banyak jenis cemilan ringan yang lainnya. Kemudian juga untuk tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Butuhkan untuk Menjual Popcorn
Modal yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis popcorn memang bisa dikatakan kecil dengan perkembangan profit yang lumayan tinggi. Memulai usaha popcorn dapat dibilang sangatlah mudah dengan kemudahan menemukan bahan pembuatan popcorn yang murah serta banyak ditemukan di pusat perbelanjaan. Usaha popcorn juga menyuguhkan cara penyajian dengan inovasi popcorn aneka rasa dari bumbu yang berbeda. Untuk menjalankan bisnis popcorn dengan langkah yang tidak sulit Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Yang pertama, buat rencana ketika akan mengawali usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan macam popcorn yang Anda buat, misal popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda dapat menjelaskan secara general mengenai varian popcorn tersebut mengenai rasa dan aromanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan hal lainnya.

Baca juga  Tips dan Cara Membuat Hot Dog dari Roti Tawar
2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha popcorn baik dari mesin yang akan digunakan hingga alat-alat pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk ke dalam makanan yang mengancam kesehatan kita jika saja cara pengolahan maupun penyimpanannya tetap terjaga. Untuk membuat popcorn yang memiliki mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari pembeli tentu pastikan mendapatkan juga perizinan dari departemen kesehatan beserta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Selanjutnya, jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda secara online atau dengan cara membungkusnya langsung dan ditawarkan kepada para supplier, pastinya Anda harus memberi label produk dengan merk yang unik dan baik. Jangan lupa untuk menyertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, izin dari badan usaha dan informasi produk lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn ke khalayak dengan membidik sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak yang berminat serta tinggi akan konsumsinya di masyarakat.

Kemudian setelah Anda tahu beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini menggunakan biji jagung dan mentega, popcorn sendiri diproduksi dengan cara memanaskan biji jagung menggunakan suhu yang cukup tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega digunakan agar menghasilkan rasa popcorn yang lebih enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tersebut biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan bahan pewarna dan gula untuk pemanis.

Resep dan Cara Membuat Popcorn
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
Biji jagung
Mentega
Panci beserta tutupnya (dapat diganti menggunakan wajan besar).
Gula
Cara Popcorn:
1. Siapkan panci dan tutupnya di atas kompor. Sediakan dan ditakar sesuai dengan selera biji jagung untuk dibuat popcorn.

2. Masukkan dua sdm mentega ke panci, nyalakan kompor menggunakan api sedang. Setelah mentega menjadi leleh, kecilkan api dan masukkan 2 genggam jagung ke dalam panci.

3. Kemudian tutup panci dan sesekali coba goyangkan panci sehingga membuat semua biji jagung terkena mentega.



No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Bakso Kekinian yang Sedang Populer

Asal Usul Bakso Bakso yang merupakan makanan yang merakyat di Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia lho, melainkan dari negeri Ci...